TRIBRATA NEWS POLRES ACEH TIMUR

Fokus Tanggulangi Karhutla, Polres Aceh Timur Gelar Rapat Koordinasi Lintas Sektoral

Tribrata News Polres Aceh Timur-Kepolisian Resor Aceh Timur menggelar rapat koordinasi lintas sektoral dalam rangka pencegahan dan penanganan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), Selasa, (02/03/2021).

Rapat yang berlangsung di Aula Bhara Daksa tersebut dipimpin langsung oleh Kaolres Aceh Timur AKBP Eko Widiantoro,S.I.K.,M.H. dengan didampingi Pasiops Dandim 0104/Atim Kapten Inf. Shaurianto, Kepala Satpol PP Kabupaten Aceh Timur T Amran, S.E,M.M dan Kabag Ops Polres Aceh Timur AKP Salmidin,S.E.

Sementara itu peserta rapat diantaranya; Para Danramil, Kapolsek dan Camat di wilayah yang berpotensi terjadinya Karhutla, Perwakilan UPTD KPH (Kesatuan Pengelolaan Hutan) Wilayah III Aceh dan perwakilan pimpinan perusahaan perkebunan dalam wilayah hukum Polres Aceh Timur.

Kapolres pada kesempatan tersebut menyampaikan Kapolres menyampaikan penjabaran 6 (enam) Intruksi Presiden Republik Indonesia dalam penanganan karhutla:

Pertama, Pencegahan diprioritaskan. Perlu dilakukan deteksi dini dengan melakukan pemantauan di area-area rawan titik api. Kedua, pentingnya infrastruktur pemantauan dan pengawasan hingga ke tingkat bawah; Ketiga, perlu dicari solusi yang permanen untuk mencegah pembakaran hutan dalam rangka pembukaan lahan; Keempat, Penataan ekosistem gambut dalam kawasan hidrologi gambut terus dilanjutkan;  Kelima, Tanggap dalam mengendalikan titik api. Pentingnya mencegah api membesar dan terlanjur sulit dikendalikan; dan Keenam; Penegakan hukum terhadap pelaku pembakaran hutan dilakukan tanpa kompromi.  Hukum harus ditegakkan terhadap siapa pun yang melakukan pembakaran hutan dan lahan baik di konsesi milik korporasi, milik perusahaan, maupun di masyarakat. Sehingga ada betul-betul efek jera.

Lebih jauh Kapolres menjelaskan beberapa Kecamatan di wilayah hukum Polres Aceh Timur yang rawan terjadinya titik api (Hot Spot) diantaranya; Pantee Bidari, Indra Makmu, Julok, Banda Alam, Peunaron dan Serbajadi.

Mengakhiri sambutanya Kapolres mendorong Bhabinkamtibmas untuk terus bersinergi dengan Babinsa melaksanakan sosialisasi kepada warga tentang bahaya/dampak karhutla. (Iwan Gunawan).

Previous Post Next Post