TRIBRATA NEWS POLRES ACEH TIMUR

Kabag Ops Polres Aceh Timur Pimpin Razia Bersama di Lapas Kelas IIB Idi

Tribrata News Polres Aceh Timur-Kabag Ops Polres Aceh Timur AKP Salmidin, S.E ikut memimpin jalanya razia bersama penegak hukum di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Idi, Selasa, (06/04/2021) malam.

Dalam razia yang bertujuan untuk menciptakan masyarakat Indonesia bebas narkoba, khususnya Warga Binaan Pembinaan (WBP) di Lapas Kelas IIB Idi ini, hadir pula Kepala Lapas IIB Idi Eka Priyatna BC. I. P., S. Sos., M. Si, Danramil 05/Idr Lettu Inf Supriyanto, Kapolsek Idi Rayeuk AKP Ildani Ilyas, S.H.,M.H.

Sementara itu petugas yang melakasanakan kegiatan razia terdiri dari lima personel dari TNI (Kodim 0104 Atim), 20 personel dari anggota Polres Aceh Timur dan petugas Lapas Kelas IIB Idi.

Pelaksanaan razia bersama aparat penegak hukum pada setiap UPT Pemasyarakatan di Lapas Kelas IIB Idi dilaksanakan dengan cara penggeledahan tiap sel oleh petugas Lapas Kelas IIB Idi yang dibackup personel dari anggota Polres Aceh Timur dan perosnel TNI (Kodim 0104 Atim).

Kabag Ops Polres Aceh Timur menyebutkan keikutsertaan anggota Polres Aceh Timur dalam kegiatan ini adalah sesuai permintaan bantuan personel dari Kalapas II Idi mengacu Surat Perintah dari Direktur Jenderal Pemasyarakatan RI dengan Nomor surat PAS - UM.06.01-15 Tanggal 1 April 2021 dan surat perintah Direktur Keamanan dan Ketertiban Direktorat Jenderal Pemasyarakatan RI, Nomor Surat: PAS2-PK.02.10.02-143 tanggal 1 April 2021 serta surat perintah Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Aceh Nomor surat : W1.PK.01.04 85 Tentang Razia Bersama Aparat Penegak Hukum pada setiap UPT Pemasyarakatan di seluruh wilayah Indonesia serentak tanggal 5 dan 6 April 2021 dalam rangka menyambut Hari Bhakti Pemasyarakatan ke - 57 tahun 2021.  Terang AKP Salmidin.

Kepala Lapas IIB Idi menyampaikan terima kasih kepada jajaran Polres Aceh Timur dan TNI (Kodim 0104 Atim) yang telah membantu terlaksananya kegiatan ini.

“Alhamdulillah kegiatan razia bersama penegak hukum di Lapas IIB Idi berjalan dengan lancar aman dan terkendali. Semoga koordinasi ini dapat berjalan secara berkelanjutan.” Jelas Kepala Lapas IIB Idi Eka Priyatna BC. I. P., S. Sos., M. Si.

Dari hasil razia bersama penegak hukum di Lapas IIB Idi yang berlangsung mulai pukul 21:00 WIB sampai pukul 23:30 WIB tidak ditemukanya narkotika, namun demikian petugas gabungan menyita barang barang terlarang seharusnya tidak diperbolehklan dibawa masuk ke kamar tahanan seperti; 27 unit Handphone, 20 unit charger, 4 (empat) buah pisau, 10 buah gunting, 5 (lima) buah head set, 5 (lima) buah kabel sambung, 20 buah korek api, 1 (satu) buah cermin, 1 (satu) buah microfon, 3 (tiga) buah sendok makan dan 5 (lima) potong kawat besi.

Selanjutnya barang barang hasil temuan dalam razia tersebut disita pihak Lapas yang selanjutnya akan dimusnahkan.

Untuk saat ini Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Idi saat ini dihuni 390 orang dengan rincian; 78 orang tahanan dan 312 narapidana (307 pria, 5 wanita). (Iwan Gunawan).

Previous Post Next Post