TRIBRATA NEWS POLRES ACEH TIMUR

Kapolres Aceh Timur Pimpin Upacara Peringati Hari Kesaktian Pancasila

Tribrata News Polres Aceh Timur-Kepala Kepolisian Resor Aceh Timur AKBP Mahmun Hari Sandy Sinurat, S.I.K. memimpin Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang dilangsungkan di Lapangan Apel Pusat Pemerintahan Kabupaten Aceh Timur. Jumat (01/10/2021).

Pelaksanaan upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila 2021 dengan tema “Indonesia Tangguh Berlandaskan Pancasila” juga dihadiri Bupati Aceh Timur H. Hasballah bin H.M Thaib, S.H., Kasdim 0104/Atim Mayor Kav Dani Syahputra S.A.P., Kepala Kejaksaan Negeri Aceh Timur Semeru, S.H.,M.H., Ketua Pengadilan Negeri Idi Apri Yanti, S.H., M.H., Asisten I Setdakab Aceh Timur a.n. Syahrizal Fauzi, S.STP., M. AP., Asisten II Setdakab Aceh Timur Aiyub, S.K.M., M. Si., Asisten III Setdakab Aceh Timur T. Reza Rizki, S.H., M.H., Ketua KNPI Kabupaten Aceh Timur Yusnil Amri, S.Pd, Kepala Organisasi Kepala Daerah(OPD) Kabupaten Aceh Timur dan perwakilan Danramil serta Kapolsek.

Sementara itu peserta upacara terdiri dari 1 (satu) SST Kodim 0104 /Atim, 1 (satu) SST Polres Aceh Timur, 1 (satu) SST Satpol PP Kabupaten Aceh Timur, 1 (satu) SST BPBD Kabupaten Aceh Timur, 1 (satu) SST Pemadam Kebakaran Kabupaten Aceh Timur, Barisan ASN Pemda Aceh Timur, Barisan pelajar Sekolah SMA N I Idi Rayeuk, Barisan Ormas Pemuda Pancasila dan Barisan KNPI Kabupaten Aceh Timur.

Kapolres Aceh Timur seusai mengikuti pelaksanaan upacara mengatakan, upacara itu dimaksudkan untuk mengenang para pahlawan Revolusi yang telah gugur dalam tragedi Nasional pada tahun 1965.

“Bangsa yang besar adalah bangsa yang tidak pernah melupakan sejarah bangsanya sendiri,” sebut Kapolres.

Menurutnya, dalam perjalanan sejarah bangsa, banyak sekali rong rongan baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Dengan peringatan Kesaktian Pancasila ini, diharapkan semangat tekad jiwa Bhinneka Tunggal Ika yang berlandaskan Pancasila semakin melekat kepada para pemuda penerus bangsa, sehingga bangsa Indonesia ini tetap utuh dalam satu kesatuan.

“Negara kita memiliki banyak sekali sejarah, semoga dengan sejarah itu menjadikan pelajaran ke depan supaya tidak terjadi hal yang sama pada negara kita, dan upacara ini dimaksudkan untuk memperingati serta mengenang para pahlawan, sekaligus sebagai kilas balik tentang peristiwa yang terjadi pada tahun 1965 yang dikenal dengan Gerakan 30 September,” ujar Kapolres.

“Untuk tahun ini, karena pandemi Covid-19, Upacara Hari Kesaktian Pancasila dilaksanakan berlangsung singkat dan menerapkan protokol kesehatan, untuk menimalisir kerumunan. Terus kita tanamkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan di masa pandemi ini persatuan dan gotong royong dalam menangani Covid-19 ini sangat diperlukan. Pungkas Kapolres Aceh Timur AKBP Mahmun Hari Sandy Sinurat, S.I.K. (Iwan Gunawan).

 

Previous Post Next Post