TRIBRATA NEWS POLRES ACEH TIMUR

Tingkatkan Kemampuan, Satsamapta Polres Aceh Timur Gelar Latihan Beladiri Menggunakan Tongkat T

Tribrata News Polres Aceh Timur-Bertempat di Lapangan Apel Sarja Arya Racana Polres Aceh Timur, sejumlah anggota personel Sat Samapta dan personel polsek yang terlibat dalam pengamanan objek vital melaksanakan latihan peningkatan kemampuan (latkapuan) beladiri menggunakan sarana tongkat Polri atau tongkat T, Kamis, (17/03/2022).

Latkapuan yang dipandu oleh Basatsamapta Bripda Charis ini difokuskan pada latihan fisik dan latihan dasar bela diri Polri dengan menggunakan Tongkat T.

Untuk materi tongkat T sendiri yang dilatihkan meliputi drill tongkat sebagai alat penangkis, tongkat sebagai alat pemukul dan rangkaian gerak drill tongkat Polri.

Kasat Samapta Polres Aceh Timur AKP Fachrul Razy, S.K.M.M.Si mengatakan, kegiatan latihan tersebut merupakan kegiatan yang rutin digelar untuk mengingat kembali materi-materi lapangan Fungsi Satsamapta.

“Tujuan dari kegiatan latihan drill tongkat T selain untuk merefresh kembali materi juga sebagai pengembangan kemampuan anggota terutama dalam menggunakan alat beladiri tongkat T sehingga anggota juga sudah terbiasa ketika nanti menyelesaikan permasalahan yang mengharuskan menggunakan alat,” ujar Kasat Samapta.

Menurutnya, beladiri tongkat T sudah pernah diberikan saat dilembaga pendidikan kita hanya merefleksi saja. Latihan secara rutin akan membentuk fisik yang kuat dan reflek yang bagus dalam menggunakan tongkat T. Bahwa latihan ini dilakukan untuk meningkatkan kembali dasar-dasar beladiri menggunakan tongkat T, mengingat saat ini semakin maraknya tingkat kejahatan yang terjadi ditengah masyarakat.

Tongkat T merupakan peralatan standar Kepolisian yang melekat pada setiap personel untuk itu latihan ini sangat penting untuk dilakukan guna meningkatkan kemampuan bela diri anggota.

“Diharapkan dengan laksanakan latihan tongkat T ini agar seluruh personil Satsampata Polres Aceh Timur serta anggota polsek yang melakukan pengamanan obyek vital semakin mahir dan mampu mengaplikasikannya di lapangan, baik sebagai alat pertahanan diri maupun sebagai alat untuk mencegah, menghambat atau menghentikan tindakan pelaku kriminal dengan proporsional yang artinya seimbang antara ancaman yang dihadapi dengan tingkat kekuatan atau respon yang diberikan oleh anggota Polri.” Terang Kasat Samapta Polres Aceh Timur AKP Fachrul Razy, S.K.M.M.Si. (Iwan Gunawan).

Previous Post Next Post