TRIBRATA NEWS POLRES ACEH TIMUR

Wakapolsek Peureulak, Sosialisasi Tentang Pencegahan Kekerasan Terhadap Perempuan Dan Anak

MPNews, Aceh Timur-Konflik komunal dan kekerasan horizontal yang terjadi di beberapa wilayah Indonesia kerap kali mengakibatkan perempuan dan anak menjadi korban. Perempuan dan anak tidak jarang menjadi target yang rentan mengalami kekerasan berbasis gender. Oleh karena itu, penanganan dan pencegahan konflik kekerasan menjadi prioritas pemerintah saat ini.

Seperti halnya yang dilaksanakan oleh Polsek Peureulak Polres Aceh Timur Polda Aceh yang melaksanakan sosialisasi tentang kekerasan terhadap perempuan dan anak kepada para perangkat desa, Ibu PKK dan Kader Posyandu di Meunasah Istiqomah Desa Bangka Rimueng Kecamatan Peureulak, Kabupaten Aceh Timur.

Pada kegiatan ini juga dihadiri oleh Waka Polsek Peureulak Ipda Taufik Junaidi, S.H., Kanit Samapta Polsek Peureulak Ipda Safrizal, Ps. Kanit Binmas Polsek Peureulak Aipda Fahrul Razi, dan Bhabinkamtibmas Desa Bangka Rimueng Aipda Arie Wibowo pada hari Minggu (29/10/2023) siang.

Terkait kegiatan ini, Personel Polsek Peureulak menjelaskan bahwa Kekerasan terhadap perempuan dan anak adalah tindak kekerasan secara fisik, phisikis, seksual, penganiyaan emosional atau pengabaian, penelantaran, Terutama kekerasan yang dilakukan terhadap anak juga didefinisikan sebagai tindakan atau serangkaian tindakan wali atau kelalaian oleh orang tua atau pengasuh lainnya yang dihasilkan dapat membahayakan, atau berpotensi bahaya, atau memberikan ancaman yang berbahaya kepada anak.

Ditempat terpisah, Kapolres Aceh Timur AKBP Andy Rahmansyah, S.I.K., S.H., M.H. melalui Kapolsek Peureulak AKP Muslim Siregar, S.H menjelaskan bahwa berbicara tentang anak, sebagian besar kekerasan terhadap anak terjadi di rumah anak itu sendiri dengan jumlah yang lebih kecil terjadi di sekolah, di lingkungan atau organisasi tempat anak berinteraksi.

Kepada seluruh masyarakat Kabupaten Aceh Timur khususnya Kecamatan Peureulak, “Perempuan dan Anak adalah bagian dari kita. Jaga perempuan dan anak di sekitarmu sama seperti kamu menjaga diri sendiri, dan layaknya seorang manusia”. Stop kekerasan terhadap Perempuan dan Anak. Ujar Kapolsek Peureulak AKP Muslim Siregar, S.H. (Lintang).

Previous Post Next Post