TRIBRATA NEWS POLRES ACEH TIMUR

Personel Satpolairud Polres Aceh Timur Hadiri Kenduri Laut di Kuala Idi

MP News, Aceh Timur - Sejumlah personel Satpolairud Polres Aceh Timur, Polda Aceh bersama warga Gampong Blang Geulumpang (Kuala Idi), Kecamatan Idi Rayeuk melaksanakan Kenduri Laut pada Sabtu, (22/06/2024) pagi.

Kenduri Laut yang dimotori oleh Panglima Laut dan pemilik kapal ini diisi dengan do'a agar nelayan memperoleh hasil melimpah, dan bersyukur kepada Yang Maha Kuasa yang selama ini telah memberikan kekayaan dari laut, kegiatan ini dirangkai dengan pemberian santunan tali asih kepada 180 anak yatim piatu yang berasal dari Gampong Blang Geulumpang.

Dalam acara Kenduri Laut tersebut juga dilakukan pemotongan satu ekor kerbau dan tiga ekor kambing.

Kasatpolairud Polres Aceh Timur Iptu Ade Candra, S.H.,M.H. mengatakan bahwa tradisi Kenduri Laut ini sudah ada dari nenek moyang. Pada umumnya, masyarakat Aceh Timur yang menjadikan kegiatan ini sebagai nilai-nilai ajaran syariat Islam, juga sebagai rasa syukur yang telah memberi banyak kekayaan dari laut.

"Maka dari itu , potensi laut yang dimiliki bisa diberdayakan masyarakat. Kita ingin menjadikan laut sumber daya yang kita manfaatkan sebesar-besarnya untuk masyarakat,' kata Ade, Selasa, (25/06/2024).

Pihaknya juga mengajak, khususnya para nelayan dan warga pesisir pantai untuk bersama Polri menjaga perairan dalam wilayah hukum Polres Aceh Timur agar tetap aman dan kondusif.

"Ketika melihat, mendengar atau mengetahui potensi gangguan kamtibmas di perairan dan pesisir pantai agar segera disampaikan kepada kami untuk ditindaklanjuti." Terang Ade Candra. (Iwan Gunawan).

Previous Post Next Post