TRIBRATA NEWS POLRES ACEH TIMUR

Antisipasi Balap Liar, Anggota Sabhara Polres Aceh Timur Dilatih Penggunaan Ranjau Paku

Anggota Sabhara Polres Aceh Timur saat memperagakan penggunaan Roadblock (ranjau paku), Sabtu (16/07)
Tribrata News Atim-Anggota Sabhara Polres Aceh Timur, Sabtu (16/07) dilatih cara menggunakan Roadblock atau yang lebih dikenal dengan ranjau paku. Pelatihan ini dilakukan agar setiap Anggota Sabhara memahami penggunaan alat tersebut ketika ada peristiwa di lapangan.
Kasat Sabhara AKP Didik Suratno mengatakan, Penggunaan Roadblock ini, sebagai antisipasi jika ada permasalahan di lapangan yang sifatnya membahayakan, terutama yang saat ini sedang mewabah di wilayah hukum Polres Aceh Timur adalah kegiatan balap liar yang sangat meresahkan masyarakat.
“Alat itu akan dipasang jika kondisi sudah tidak dapat dikendalikan. Artinya, jika pelaku balap liar sudah diingatkan, namun tetap nekat, maka barulah alat ranjau paku dipasang di jalanan. Kalau kendaraan melintas dan melewati alat ini maka ban akan kempes,” jelasnya.
Alat ranjau paku ini berbentuk memanjang seperti barier namun lebih pendek. Di sepanjang rangkaian terdapat paku-paku lancip yang tajam. Satu rangkaian panjangnya 10 meter. Jarak antara paku sepanjang 5 (lima) centi meter.
Maraknya balap liar yang terjadi utamanya di ruas jalan dua arah depan Idi Sport Centre membuat petugas harus berpikir keras untuk memberantasnya. Untuk member efek jera terhadap pelaku balap liar, Sat Sabhara Polres Aceh Timur akan menggunakan Roadblock tersebut. Pungkas Kasat Sabhara Polres Aceh Timur AKP Didik Suratno. (Iwan Gunawan).
Previous Post Next Post