TRIBRATA NEWS POLRES ACEH TIMUR

Saweu Gampong Kanit Binmas Polsek Idi Rayeuk Edukasi Warga Tentang PMK

Tribrata News Polres Aceh Timur-Upaya pencegahan dan penyebaran penyakit mulut kuku (PMK) pada hewan ternak, Kanit Binmas Polsek Idi Rayeuk Aipda Hamdani, S.Sos melaksanakan kegiatan “Saweu Gampong” di Desa Tanjung Kapai, Minggu, (24/07/2022).

Kegiatan ini dilakukan, terkait dengan maraknya penyakit mulut dan kuku terhadap hewan khususnya ternak sapi, kambing juga kerbau yang terjadi dibeberapa wilayah lain.

“Kita laksanakan pengecekan, pendataan terhadap peternak diwilayah binaan sekaligus mengingatkan agar mewaspadai penularan PMK, apabila ditemukan ciri-ciri klinis adanya hewan ternak yang terkena PMK segera melapor untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut,” ujar Aipda Hamdani.

Menurutnya, salah satu cara untuk mencegah PMK adalah selalu rutin menjaga kebersihan kandang ternaknya, dan memisahkan ternak yang sehat dengan ternak yang terjangkit PMK.

Kapolsek Idi Rayeuk AKP Suharto, S.H. mengatakan, Patroli dialogis dengan warga binaan bertujuan menjalin kemitraan, terkait dengan adanya wabah PMK, edukasi peternak terkait ciri-ciri klinis hewan ternak yang terserang PMK.

Pihaknya juga bekoordinasi dengan istansi terkait apabila ada hewan ternak yang terjangkit PMK sehingga dapat segera diambil langkah pencegahan penyebarannya.” Terang Kapolsek Idi Rayeuk AKP Suharto, S.H. (Iwan Gunawan).

Previous Post Next Post