TRIBRATA NEWS POLRES ACEH TIMUR

Dirbinmas Polda Aceh Berharap Peradilan Adat Membawa Kemaslahatan dan Keadilan Bersama

Tribrata News Polres Aceh Timur Polda Aceh-“Peradilan Adat sangat membantu Kepolisian, karena melalui peradilan adat menjadi solusi terbaik dalam menyelesaikan permasalahan di tingkat desa yang sifatnya ringan sehingga tidak masuk ke ranah hukum.”

Hal tersebut disampaikan oleh Dirbinmas Polda Aceh Kombes Pol Muhammad Muslim Siregar, S.I.K. saat memberi sambutan pada Rapat Koordinasi/Evaluasi Pelaksanaan Peradilan Adat Dan Perpolisian Masyarakat (Polmas) yang berlangsung di Aula Bhara Daksa Polres Aceh Timur dengan mengambil tema "Melalui Rakor Polmas Kita Tingkatkan Sinergitas Penguatan Pencegahan dan Penyelesaian Sengketa Adat Aceh.” Selasa, (13/09/2022).

Dirbinmas juga berharap Peradilan Adat membawa kemaslahatan dan keadilan bersama. Disamping itu Pemerintah Propinsi Aceh juga harus terus menerus melakukan pencerahan, peningkatan, dan penguatan peran hukum adat dalam penyelesaian sengketa dan masalah lingkungan desa. Terang Dirbinmas Polda Aceh Kombes Pol Muhammad Muslim Siregar, S.I.K.

Kegiatan yang terselenggara atas kerjasama Majelis Adat Aceh (MAA) Propinsi Aceh dan Polda Aceh ini turut dihadiri oleh Ketua MAA Propinsi Aceh Tgk. Yusdedi, Kapolres Aceh Timur AKBP Andy Rahmansyah, S.I.K., Kasubdit Bhabinkamtibmas Ditbinmas Polda Aceh AKBP Ruslan Syafei, S.Ag., Ketua MAA Kabupaten Aceh Timur Tgk. Abdul Manaf dan Kasat Binmas Polres Aceh Timur AKP Muhammad Daud dengan peserta Rakor terdiri dari perwakilan geuchik dan tuha peut dalam wilayah hukum Polres Aceh Timur.

Sementara itu Kapolres Aceh Timur sangat mengapresiasi kegiatan ini yang mana penyelesaian pelanggaran yang dilakukan secara adat oleh gampong dan ini harus tetap dijalankan.

“Untuk memudahkan penyelesaian perkara secara adat, kami meminta masyarakat dalam setiap permasalahan tidak melakukan tindakan-tindakan main hakim sendiri. Disamping itu penyelesaian hukum secara adat tidak meninggalkan dendam dan sangat berkeadilan.” Kata Kapolres Aceh Timur AKBP Andy Rahmansyah, S.I.K. (Iwan Gunawan).

Previous Post Next Post