TRIBRATA NEWS POLRES ACEH TIMUR

Polisi Ajak Mahasiswa STIKES Bina Nusantara Untuk Perangi Narkoba

Kasat Binmas Iptu Ernijon saat melakukan sosialisasi tentan bahaya narkoba di hadapan mahasiswa STKIES Bina Nusantara Idi, pada Selasa (05/04).
Tribrata News Atim-Seperti yang diketahui bersama, narkoba meliputi zat alam atau sintetis yang bila dikonsumsi dapat menimbulkan perubahan fungsi fisik dan psikis, serta menimbulkan ketergantungan. Jika disalahgunakan untuk tujuan di luar pengobatan, narkoba dapat mengubah kerja saraf otak sehingga akan sulit berpikir, berperasaan, dan berperilaku tidak normal. 

Untuk meningkatkan pengetahuan akan bahaya narkoba di kalangan akademisi, pada hari Selasa (05/04) pagi bertempat di Kampus Sekolah Tinggi Kesehatan (STIKES) Bina Nusantara, Idi, diselenggarakan sosialisasi dan penyuluhan tentang narkoba yang disampaikan oleh Kasat Binmas Polres Aceh Timur Iptu Ernijon.

Dalam penyampaiannya Kasat Binmas mengatakan, narkoba adalah musuh utama kita semua. Dengan mengetahui akan bahaya dan konsekuensi hukum apa yang akan didapatkan apabila mengkonsumsi narkoba, maka saya meyakini betul kita semua pasti akan menjauhi narkoba. Apalagi adik-adik ini mahasiswa sedang menempuh pendidikan yang berorientasikan di dunia kesehatan, sedikit banyak pasti sudah tahu betul resiko dan dampak dari penyalahgunaan narkoba. Kata kasat Binmas.

Lebih lanjut Kasat Binmas mengatakan, berbagai cara telah dilakukan badan negara untuk mengatasi keadaan ini, mulai dari sosialisasi, pencegahan, pemberantasan, dan lainnya. Hanya satu hal paling penting dalam mengatasi penyalahgunaan narkoba, yaitu peduli. Peduli pada diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar.

Perlu diketahui, pencegahan, penanggulangan penyalahgunaan, dan peredaran gelap narkoba merupakan tanggung jawab bersama guna mewujudkan kamtibmas yang aman dan kondusif. Harapannya, dapat terwujud stabilitas pembangunan nasional, masyarakat adil, makmur, dan sejahtera.

Kami berharap mahasiswa STIKES Bina Nusantara haruslah menjadi pelopor sejati dalam memberantas narkoba, bukan hanya sebagai “penonton” bahkan menjadi pemilik, penadah, pengedar, atau pemakai. Selain menjadi salah satu mesin propaganda yang mampu merobohkan sebuah ketidakbenaran, mahasiswa diharapkan menjadi kelompok massa idealis yang menjunjung tinggi nilai-nilai norma serta moral, juga menjadi agen perubahan terutama di dunia pendidikan.

Lalu, apa yang harus dilakukan pelopor sejati dalam memberantas narkoba?

Terdapat beberapa langkah yang dapat diperbuat. Pertama, selalu waspada dengan perkembangan teknologi, canggihnya teknologi membuat para pengedar dapat dengan mudah melancarkan niatnya untuk mengedarkan obat terlarang tersebut. Kedua, tanamkan keteladanan agar dapat memberi bimbingan dan dorongan untuk berbuat lebih baik. Ketiga adalah peduli, sekaligus hal paling penting untuk mencegah dan memberantas penyalahgunaan narkoba.

 “Kami berharap kegiatan ini dapat dijadikan sebagai warning untuk kita semua, jangan sampai kita semua terjerumus ke dalam dunia narkoba ini. Terang Kasat Binmas Polres Aceh Timur Iptu Ernijon.
Dalam kegiatan sosialisasi tersebut juga dihadiri Ketua STIKES Bina Nusantara Maullizar, Dosen serta Staff dan diikuti oleh sekitar 200 orang mahasiswa. (Iwan Gunawan).
.

Previous Post Next Post