TRIBRATA NEWS POLRES ACEH TIMUR

Polres Aceh Timur Berperan Optimal Dalam Antisipasi Penanggulangan PMK

Tribrata News Polres Aceh Timur-Polres Aceh Timur berperan optimal dalam upaya pencegahan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak yang saat ini sudah semakin meresahkan masyarakat.

Seperti pada hari Senin, (30/05/2022) bertempat di Aula Bhara Daksa, Satbinmas Polres Aceh Timur menggelar Bimbingan Dan Koordinasi Teknik Penanganan PMK Pada Hewan Ternak.

Kegiatan yang dibuka oleh Kapolres Aceh Timur AKBP Mahmun Hari Sandy Sinurat, S.I.K. ini menghadirkan narasumber Kabid Keswan dan Kesmavet Dinas Perkebunan Dan Peternakan Kabupaten Aceh Timur drh. Liza Murdhani dengan peserta Ketua Forum Geuchik/Geuchik dalam wilayah hukum Polres Aceh Timur dan Bhabinkamtibmas polsek jajaran.

Dalam sambutannya Kapolres mengatakan, dengan diketemukannya wabah PMK, Polres Aceh Timur bersama instansi terkait bersama-sama untuk melakukan pengawasan, pencegahan dan penanganan wabah PMK pada hewan ternak.

"Melalui kegiatan ini merupakan salahsatu upaya untuk melakukan pengawasan dan penanganan serta pencegahan sebaran virus PMK di wilayah Kabupaten Aceh Timur," ujar Kapolres.

Menurutnya, untuk mencegah sebaran virus PMK kita lakukan upaya-upaya intensif dengan melakukan pengawasan, pemeriksaan dan sosialisasi kepada peternak hingga pasar hewan," sebut Kapolres.

Pihaknya juga mengimbau kepada seluruh peternak sapi untuk tetap waspada dengan adanya sebaran virus PMK.

"Apabila hewan peternaknya mengalami gangguan kesehatan, untuk segera melaporkan kepada tiga pilar di Kecamatan masing-masing." Pungkas Kapolres Aceh Timur AKBP Mahmun Hari Sandy Sinurat, S.I.K.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan dari Kabid Keswan dan Kesmavet Dinas Perkebunan Dan Peternakan Kabupaten Aceh Timur drh. Liza Murdhani.

Dalam paparannya disebutkan PMK pada hewan ternak di Kabupaten Aceh Timur belum sampai pada level darurat, namun upaya penanganan sejak dini harus lebih maksimal di lakukan, karena penyebaran virus PMK tersebut bisa menular dengan cepat melalui kontak langsung dan udara. (Iwan Gunawan).

Previous Post Next Post