TRIBRATA NEWS POLRES ACEH TIMUR

Waspada PMK, Kanit Binmas Polsek Banda Alam Blusukan ke Gampong-gampong Sosialisasi Kepada Warga

Tribrata News Polres Aceh Timur-Kepolisian Resor Aceh Timur beserta polsek jajaran melakukan sejumlah upaya untuk mengantisipasi masuknya penyakit mulut dan kuku (PMK) yang bisa menyerang hewan ternak di wilayah hukumnya.

Seperti halnya yang dilakukan oleh Kanit Binmas Polsek Banda Alam Aipda Zainuddin bersama Bripka Afrizal (Bhabinkamtibmas) melakukan sosilisasi wabah penyakit mulut dan kuku pada hewan ternak kepada warga Sineubok Simpang, Rabu, (11/05/2022).

Kepada warga, Aipda Zainuddin mengimbau untuk tidak melepasliarkan hewan ternaknya, selain itu kebersihan kandang juga harus diperhatikan.

Menurutnya, hewan ternak dipastikan aman selama warga menjaga kebersihan lingkungan kandang secara rutin. Namun, jika ada satu ekor saja yang terinfeksi, potensi penularan ke hewan lain dalam satu kandang bisa meningkat dengan cepat.

"Hari ini kami melakukan sosialisasi dengan mendatangi langsung warga pemilik ternak dengan memberikan pengarahan dan sosialisasi terkait bahaya penyakit mulut dan kuku pada hewan ternak.” Ujar Aipda Zainuddin.

Sementara itu Kapolsek Banda Alam Ipda Irwan Hadi Sagala, S.A.B. mengatakan perlu dilakukan sosialisasi dan edukasi serta informasi terkini tentang wabah PMK pada ternak. Mengingat dari beberapa kecamatan di Kabupaten Aceh Tamiang telah ditemukan ribuan sapi terjangkit PMK. Bahkan terdapat 13 ekor sapi yang mati karena penyakit ini.

“Dengan sosialisasi yang terus digencarkan oleh anggota kami diharapkan warga masyarakat paham akan wabah PMK ini.” Jelas Kapolsek Banda Alam Ipda Irwan Hadi Sagala, S.A.B. (Iwan Gunawan).

Previous Post Next Post